Tips Menentukan Motor Second

Pertama, cek dulu harga pasaran motor yg mau kita beli. Bisa cek di koran, majalah, tv, radio, ke tetangga, atau pribadi ke pabrik motornya -_-

Kedua, buat menghindari motor curian, cek nomorrangka & mesin motor apakah sesuai menggunakan STNK juga BPKB nya??? Kalau pun sama, belum tentu loh motor tadi orisinil, liat lebih teliti lagi nomornya itu bener-bener asli atau ketokan kasar? Biasanya para pencuri sukangubah nomorrangka & mesin dengan cara pada ketok.

Bisa pula cek angka polisi via sms. Caranya ketik Metro (spasi) angka polisi => buat daerah jakarta. Terus kirim ke 1717.

nanti akan menerima balasan sms sbb:

NOPOL: XXXXJENIS: XXX > …. ccMEREK:XXXXWARNA: XXXXXTAHUN:XXXXSNTK YAD: DD-MM-YYYY

Ketiga, cek kondisi fisiknya. Misalnya body, spion, baut, knalpot, ban, dll, dsb… liat apakah ada yang retak atau pecah atau penyok. Ataukah parts nya orisinil atau bukan orisinil lagi…

Keempat, cek kondisi oli motor. Kenapa wajibdi cek, lantaran para pedagang tak jarang banget menyiasati mesin motor yang rusak dengan mengisi oli mesin melebihi standart. Kalau oli mesin di isi melebihi standart, bunyi mesin yang tadinya berisik kayak kaleng rombeng bisa di samarkan sebagai halus bak perempuangemulai. Jiahhhh… Jadi cek lagi yah apakah taraf ketinggian oli tidak melebihi batas aporisma garis indikator yang tertera dalam stick nya. Mudeng???

Kelima, cek speedometer. Pastikan agar nir terdapat retak atau bekas bongkaran.

Ke enam, coba hidupkan mesin motor apakah mampu stationer atau langsam. Soalnya syarat pada mesin yg mengagumkan, bisa langsam dalam putaran kira-kira 1500 rpm. Pasti’in jua bila tidak terdapat bunyi2 yang kasar pada mesin.

Ke tujuh, pastikan sasis nir bengkok. Untuk nge-cek nya tidak perlu bongkar body, cukup parkir speda motor menggunakan standart tengah di jalan yg homogen. Udah gitu amati tuh motor belakang dan depan dari jarak lima meteran. Pasti’in roda depan & belakang lurus. Udah gitu coba kendarain menggunakan cara zig-zag, kalau masih stabil dan kita mudah mengendalikannya, berarti sasisnya masih bagus tuh! Atau sanggup juga menggunakan cara tekan rem sedikit mendadak, untuk memastikan motor gak sulit dikendalikan.

Ke delapan, cek perpindahan gigi. Waktu kita coba jalanin motornya, perhatikan posisi perpindahan gigi terasa sulit atau enggak. Kalau sulit, berarti kampas kopling motornya mungkin mau habis. Terus jika kedengeran suara mendesir saat motor berjalan, mungkin gigi primernya menurut motor pula mau habis.

Ke sembilan, cek syarat kelistrikan & lampu-lampunya. Misal lampu depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, speedometer, elektrik stater motor, dll.

Ke sepuluh, pastikan tidak ada kebocoran oli atau cairan apa pun dari sela-sela mesin. Hal ini wajibdilakukan setelah motor dikendarai, soalnya jika mesin panas, oli akan encer. Kalau motornya menggunakan radiator, pastikan gak ada air radiator yg bocor. Soalnya umumnya jikalau mesin sampai bocor, biasanya itu karena bekas benturan benda keras, atau karel sil antar sambungannya rusak. Tapi usahakan sih hindari motor-motor yang mesinnya udah bocor kalau gak mau repot ntar-ntar nye…

Nah itu kesepuluh trik & tips pada memilih motor bekas. Perasaan poly banget yah yg harus pada periksa. Apalagi klo yg mau beli itu cewek… ughhh males banget deh harus cek sana cek sini… Buang-buang waktu, mending ngerti… sok-sok ngerti ntar malah pada kerjai lagi ama pedagangnya. Terus gimana dong??? Hehehe klo buat urusan yang ini sih mudah aja neng… pilih penjual motor yg bisa dianggap & sudah punya popularitas, prestasi, dan memang bergelut pada bidang itu.

Kalau daerah Jakarta – Bekasi sih aku terdapat kenal orang yg bisa dianggap jika untuk urusan ini. Pokoknya di jamin orangnya jujur, & gak neko-neko. Kalau motornya terdapat kasus, gak bakal pada tutup-tutupin ama beliau. Kalau memang anda semua beli motor ke beliau & ternyata beliau ngibul alias bo’ong, tuntut aja tuh orang ke polisi, klo perlu bawa massa kerumahnya… akan tetapi jangan pada gebukin yah orangnya, kasian… wkwkwkwk… Tapi gw yakin lebih menurut sejuta % bila nih makhluk bener-bener amanah kok. Lagian disamping dia jual menggunakan harga murah, umumnya tuh motor eksklusif pada kasih bonus pada bantu untuk Pengurusan pulang nama! Kurang apa lagi coba? Ehm tapi yg nanggung porto baliknamanya ya tetep si pembeli loh… Lahhh dia jual motor aja udah sampe keluar kota… Kalau gak salahsih pernah sampe ke Surabaya, terus kemana lagi yah… lupa… tanya aja lah ama orangnya sendiri!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.